Pengertian
antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka
adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical
User Interface(GUI).
Command Line
Interface(CLI)
CLI adalah
tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui
text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi
tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama,
tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya.
UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya.
Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command
Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell.
Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple
namanya adalah commandshell.
Graphical
User Interface(GUI).
GUI adalah tipe
antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi
melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (
pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI
bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Pengguna komputer yang awam seringkali menilai sebuah sistem operasi dari
GUI-nya. Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya)
bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen sistem operasi
tidak hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa
hanya dari satu komponen saja. Karena GUI adalah kesan pertama pengguna dengan
sistem operasi itu, setiap pengembang sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan
GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC
(Palo Alto Research Center) yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun
1984, Apple merilis Macintosh yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC.
Beberapa tahun kemudian, Microsoft merilis sistem operasi Windows-nya yang juga
menggunakan GUI. Apple mengklaim bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple.
Seperti halnya CLI, tiap-tiap sistem operasi juga memiliki nama tersendiri
untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebutAqua. Microsoft
memberi nama GUI Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero.
Pada Linux, ada dua pengembang utama desktop environment pada Linux, yang
masing-masing menghasilkan produk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME. KDE
digunakan pada beberapa distro seperti SuSE dan Mandrake, sedangkan GNOME
dipakai pada beberapa distro seperti Fedora Core dan Ubuntu.
Antarmuka
pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user)
dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari
pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu
mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. user
interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis
pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan
panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti
apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun
user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif,
komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program
jangan terlalu diperlihatkan.
Contoh Fitur
Interface pada Yahoo! Zimbra Desktop, Akses Webmail di Saat Offline Oleh:
Restituta Ajeng Arjanti, “ Ini nikmatnya punya akun email berbasis web
(webmail) macam Yahoo!Mail atau Gmail: kita bisa mengakses email di mana saja,
kapan saja, dan dengan mesin komputer manapun. Tapi sayang, akses webmail hanya
bisa dilakukan saat penggunanya sedang online, terhubung dengan internet. Tapi,
itu dulu. Sekarang, pengguna layanan webmail pun bisa mengakses email-nya saat
sedang offline, tak terhubung dengan internet. Caranya dengan menggunakan
aplikasi Yahoo! Zimbra Desktop.
Asal Anda
tahu, pada pertengahan September 2007, Yahoo mengakuisisi Zimbra, salah satu
perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi email dan kolaborasi, untuk
memperluas pasar online-nya. Akuisisi senilai USD350 juta itu telah membuahkan
hasil. Akhir Juli lalu, versi Beta 3 dari Yahoo! Zimbra Desktop telah tersedia
untuk diunduh. Pemilik akun Yahoo!Mail, Gmail, dan AOL Mail adalah yang pertama
bisa merasakan nikmatnya mengakses webmail secara offline.
Selain itu,
Zimbra Desktop juga bisa dipakai untuk mengakses email yang mendukung IMAP
(Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Aplikasi
ini, tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS; diposisikan untuk
bersaing dengan Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Saat penggunanya tak
terhubung dengan internet, Zimbra Desktop akan berfungsi layaknya sebuah
aplikasi standalone. Ia bisa dioperasikan untuk membaca setiap email yang
tersimpan dalam inbox. Selain itu, penggunanya pun bisa melakukan beragam
setting fungsi dan tampilan, serta mengakses fitur-fiturnya. Dalam keadaan
online, pengguna bisa menarik email-email baru ke dalam mailbox Zimbra
Desktop-nya.
Tampilan dan
Fitur
Aplikasi
all-in-one email account ini hadir dengan antarmuka yang manis dan mudah
dipelajari. Tampilannya kurang lebih sama dengan tampilan Yahoo!Mail yang baru
(bukan versi klasik). Pengguna bisa menampilkan percakapan email pada kotak di
bagian bawah mailbox.
Beberapa
fitur yang bisa ditemukan dalam aplikasi ini antara lain fitur dokumen, task,
dan briefcase. Fitur dokumen memungkinkan pengguna membuat, mengedit, serta
mengelola dokumen dan spredsheet dengan mudah. Dokumen bisa ditambahkan gambar
dan tabel, dan bisa langsung dikirim via email.
Dokumen yang
belum selesai bisa disimpan pada folder Briefcase. Sementara fitur task, mirip
dengan calendar, berfungsi untuk mencatat jadwal penggunanya. Fitur lain yang
umum pada aplikasi email client—seperti fitur search, tagging, dan signature—juga
ditemui pada aplikasi ini. Satu lagi, Zimbra Desktop menyediakan beragam
template mailbox. Kalau bosan, Anda bisa menggonti-ganti wajah kotak surat
Anda.
Kelebihan
Dengan
dukungan terhadap beberapa akun email sekaligus, pengguna Zimbra Desktop tak
perlu repot membuka satu per satu akun webmail-nya. Praktis—itulah kelebihan
pertama yang ditawarkan oleh aplikasi multiplatform ini. Anda bisa menyimpan
semua kontak pada beberapa akun dalam satu lokasi. Semua kontak bisa disimpan
dalam format .csv untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan backup.
Kelebihan
lainnya bisa dilihat dari sisi produktivitas. Bayangkan ini: Anda adalah
pekerja mobile, pengguna akun webmail, dan sering ditugaskan pergi ke daerah
terpencil yang jarang akses internet. Anda banyak melakukan korespondensi
dengan klien dan kerabat via akun webmail Anda. Meski Anda punya sebuah laptop
untuk bekerja, tanpa internet Anda tak bisa membuka akun webmail Anda untuk
membaca email dari klien yang tersimpan dalam inbox, dan yang kebetulan Anda
perlukan untuk membuat laporan.
Mencari
tempat yang menyediakan akses internet mungkin bisa jadi solusi untuk mengatasi
masalah ini. Namun, itu jelas bukan solusi yang praktis. Zimbra Desktop bisa
memecahkan masalah dengan lebih cepat.
Zimbra
Desktop menggunakan AJAX, teknologi canggih Web 2.0, yang dirancang untuk
mengelola beberapa akun email dengan standar kapasitas penyimpanan
multi-gigabyte. Dalam hal ini, Zimbra mengklaim aplikasi buatannya jauh lebih
unggul dari Microsoft Outlook yang hanya menawarkan kapasitas mailbox 2GB. Satu
lagi yang tak kalah penting, aplikasi ini terbuka dan bisa diunduh secara
gratis.
Kalau mau,
pengguna Zimbra Desktop juga bisa menggunakan Zimbra Desktop dengan Zimbra
Collaboration Suite (ZCS). Dengan ZCS, pengguna bisa mengakses email dari
komputer atau perangkat genggam manapun. Tapi, aplikasi yang satu ini tidak
gratis.
Fitur
antarmuka pada telematika dapat meliputi banyak hal. Tetapi pad akesempatan
kali ini yang akan saya bahas antara lain adalah Video Conference dan GIMP.
GIMP merupakan software opensource yang dikembangkan dari Adobe PhotoShop yang
bekerja dibawah platform Linux. Tools dan Fitur pada GIMP juga menyerupai
Adobe, tetapi GIMP terkesan dibuat asal jadi oleh pengembangnya. Contohnya
setiap bagian di GIMP terpisah dan membuka window baru. Ini cukup merepotkan
bagi para editing daripada Software – Software serupa lainnya. Selanjutnya
Fitur antarmuka pada telematika adalah Video Conference. Video Conference
adalah Kita dapat berkomunikasi secara audio dan visual secara real time. Video
Conference sendiri dikembangkan pada Platform Integrated Switch Digital Network
atau disingkat ISDN.
Elemen –
Elemen yang mendukung Video Conference antara lain :
- Terminal
video conference atau endpoint video conference, adalah perangkat yang
digunakan
oleh pengguna video conference itu sendiri.
- MCU
(Multipoint Conference Unit), adalah semacam server yang berfungsi sebagai
pengendali
yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi atau dalam
bahasa
sehari hari pengguna bisa berkomunikasi dengan banyak orang
(multi
conference).
- Gateway
dan gatekeeper adalah media yang melakukan proses adaptasi komunikasi
video
conference berbasis ISDN ke IP dan sebaliknya.
Jenis Jenis
Video Conference antara lain :
1.Real Time
Colaboration Multiparty Conferencing, merupakan sarana
hubungan
konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan
interaktif.
2. Active
Participation Users, hubungan yang terjadi diantara pemakai
dengan
jaringan komputer atau basis data, merupakan konferensi yang
seketika
dengan resolusi yang baik dan interaktif.
3. Passive
Participation Users, keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan
memerlukan
hubungan yang seketika dan interaktif.
Tujuan
sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia
agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini
penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa
merupakan alat termudah setelah gesture yang dipakai orang untuk berkomunikasi
sehari-harinya.
Meski pada
umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan
supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks
pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan
tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa
tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Terdapat 6
macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu
antara lain:
1.Head Up
Display System
Head Up
Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan
kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke
arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan
militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor
dan aplikasi lainnya.
2.Tangible
User Interface
Tangible
User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat
berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial
Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI
ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin
Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible
bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat
bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3.Computer
Vision
Computer
Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang
melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang
digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi
dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan
video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari
hasil pemindaian medis.
4.Browsing
Audio Data
5.Speech
Recognition
Dikenal juga
dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal
suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur
antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice
recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana
sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus
perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek
dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang
berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech
recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan
pembicaraan siapa saja.
6.Speech
Synthesis
Speech
synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer
yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan
pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS)
merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar